Kamis, 27 Oktober 2011

Dinamika Perubahan Chap. 3

        Pagi ini saya melihat banyaknya status dari sebuah facebook, yang mana banyak orang menuliskan status apa yang dia rasakan pagi ini bahkan mungkin malam kemarin. Banyak hal - hal yang mereka (sang updater facebook ) ceritakan tentang apa yang mereka alami, rasakan, hingga yang belum terjadi. Sungguh sebuah perkembangan besar bagi dunia teknologi. Jika kita lihat dimasa lampau, di mana masa itu kini sudah menjadi kenangan tersendiri bagi mereka yang mengalaminya. Mereka ( yang mengalami masa lampau ) tak pernah meng-update status mereka ke dalam facebook. Jangankan facebook, sms saja belum ada pada masa itu. Karena teknologi belum berkembang pesat seperti sekarang ini.
        Namun di balik tidak adanya teknologi yang tidak begitu maju pada masa itu, banyak nilai positif yang bisa di ambil. Bisa kita lihat salah satu contoh, masyarakat jauh lebih sering berkomunikasi dengan cara silaturahmi ke rumah - rumah yang ingin didatangi. Bukan dengan telepon maupun ( jika sekarang ini ada teknologi ) teleconference. Mereka jauh lebih memiliki rasa kekeluargaan, daripada masa sekarang yang namanya kekeluargaan itu hanya digembar - gemborkan oleh orang - orang yang tidak tahu makna dari kekeluargaan itu sendiri. Mereka jauh lebih beretika dan jauh lebih beradab dari manusia - manusia yang ada sekarang ini. Selain itu mereka jauh lebih bisa menjaga hubungan dengan teman - temannya, walau mereka tidak menyukai sikap dan tingkah lakunya. Walaupun memang sebagian besar tidak seperti itu, karena itu hanya berlaku untuk sebagian yang lebih besar yang mampu bersifat seperti itu.Tetapi jelas kualitas pemuda dan pemudi pada masa itu jauh lebih baik daripada masa sekarang yang semakin liar.
        Sedih dan ironis memang, itulah dampak dari berkembangnya sebuah teknologi yang terlalu cepat dan disalah artikan oleh orang - orang yang labil. Mereka yang labil tidak pernah tahu dan tidak mau tahu akan apa makna dan manfaat dari perkembangan teknologi berkomunikasi. Semestinya dengan berkembangnya teknologi seperti sekarang ini, orang tua semestinya mampu untuk membantu memberitahu putra - putrinya akan teknologi akan makna dan manfaat dari teknologi tersebut. Bukan hanya sanggup untuk memberikan sebuah teknologi, namun juga diharapkan mampu membina akan manfaat besar yang terdapat di dalam sebuah teknologi.


Semarang, 27 Oktober 2011
Diketik dengan rasa penyesalan yang cukup dalam akan dampak perubahan yang cukup buruk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar